Tugas (baru) Metode riset

Jurnal (Tugas,Penyusunan sendiri)
Tema                              : Inovasi pada Produk(barang/jasa)

Judul                : Inovasi dalam produk jasa sebagai Guru Sekolah & Guru Bimbel (Regular&Private)

Latar belakang Masalah   : Berdasarkan olah informasi dari sumber jurnal referensi diatas tsb mengingatkan kembali  saya akan pentingnya suatu inovasi, bukan hanya sekedar barometer tingkat kekreatifitasan seseorang pekerja namun lebih dititik beratkan kepada kepuasan konsumen. Kebetulan dalam kesempatan kali ini saya mengerjakan tugas yang akan sayah singgung berkenaan dgn pekerjaan saya sendiri sebagai Guru Sekolah (honorer) di suatu lembaga pendidikan dan Guru Bimbel Reg.&Private di salah satu usaha penyedia jasa bimbel domisili Garden City-DaanMogot.
Dibanding mengajar di sekolah swasta dari lembaga pendidikan nasional, tuntutan u/ berinovasi dalam mengajar lebih sangat terasa disaat sayah mengajar anak-anak murid Sekolah Internasional dan Nasional Plus, dalam kasus ini contoh nya adalah Global Montesori School, Dian Harapan (Yayasan PelitaHarapan) & Singapore International School karena selain kita harus lebih ‘up to date’ terhadap kurikulum yang berlaku dan terus menerus berkembang, saya juga dituntut lebih fleksibel dan peka u/ berinovasi dalam mengajar berdasarkan masing-masing pribadi murid (mungkin bisa dikatakan konsumen tdk langsung) atas cara saya dalam berkomunikasi (apalagi berbicara ‘full in English’ lebih-lebih harus muter otak) agar maksud / ilmu yang saya punya dapat tersalurkan dgn baik dan optimal sehingga anak tsb dapat menyerap ilmu yg dia dapat u/ bisa diaplikasikan dalam system pembelajarannya yg ‘continue’ dalam wujud nilai yg baik/’perfect’ secara stabil agar orang tu anak tsb puas atas jasa yg digunakan (mungkin bisa dikatakan konsumen langsung). 

Masalah                        :  Kadang pula ditemui kesenjangan yg terjadi antara keinginan orang tua atas prestasi anak dalam ‘education’ dgn kemampuan anaknya sendiri, demikian juga kesenjangan antara cara yang ingin diterapkan para orang tua u/ mengedukasi anaknya dengan cara yang diterapkan oleh guru pembimbing yang sering kali malah menghasilkan pola belajar/system pembelajaran pada anak yang tidak menstimulus kemampuannya u/ berprestasi.

Tujuan Penelitian           :  Diupayakan agar segala kesenjangan tsb dapat dipadu-padankan dgn segala inovasi dalam system berkomunikasi u/ mengoptimalisasi kinerja pengajaran dari setiap pengajar guna meningkatkan tingkat kepuasan konsumen/pengguna jasa tsb.

 Metodologi;
Data & Sample:
Didalam pengambilan data penelitian kali ini di ambil dari 3 murid yaitu: Sava, Grace dan Paris. Keduanya diajar olh sayah namun dgn teknik cara pengajran yg berbeda disesuaikan dgn pola tuntutan dan kepribadian anak.

Alat Analisis:
Perolehan nilai yang mereka dapat disekolah lah yang menjadi patokan barometer sayah disini tentunya dgn penilaian yg objective dengan menggunakan Model Analisa
Chi’Square :                                  
                                                

Varible Penelitian:
Nama Murid
Bulan ke-
Ket.
I
II
III
IV

Sava
20
30
10
-

Grace
20
35
20
-

 Nb; Dalam bulan pertama dan ketiga menggunakan metode belajar yang sesuai diterapkan oleh pengajar, sedangkan dibulan kedua dgn menggunakan sistem pengajaran yg di berikan inovasi / disesuaikan dgn type kpribadian murid masng-masing.

Tahapan Penelitian:
Ho= perolehan nilai disekolah meningkat dengan adanya inovasi dalam mengajar/ada hubungan yang relevan antara inovasi mengajar yg dsesuaikan dengan type kpribadian murid dgn hasil perolehan nilai disekolahnya.
Ha=perolehan nilai disekolah tdk meningkat dengan adanya inovasi didalam mengajar/ tdk ada hubungan antara inovasi mengajar dgn hasil perolehan murid

 

Analisis/Hasil:
dari hasil penelitian diatas didapat kan bahwa 5.334 leebih kecil dari nilai kritis adalah 5.991 maka kit terima HO yg menyatakan frekuensi pengajaran daridua jenis sistem pengajaran tsb adalah benar efektif adanya.

0 comments:

Post a Comment